Sabtu, 28 Agustus 2010

Bagaimana dan Mengapa Kuda Tidur Sambil Berdiri? (Must See)

Quote:
Kuda memiliki keunikan untuk sistem saling mengunci antara ligamen-ligamen dan tulang-tulang pada kaki mereka. Sistem ini berfungsi seperti dongkrak yang menopang bobot mereka tanpa peregangan sebab dalam keadaan demikian otot-otot mereka betul-betul santai. Oleh sebab itu, kuda tidak harus mengerahkan energi dengan sengaja untuk berdiri karena kaki mereka saling mengunci dalam posisi yang tepat selama tidur.

Quote:
Masih bingung? Coba agan lihat-lihat dulu gambar di bawah ini

Spoiler for Susunan Tulang:

Spoiler for Susunan Otot:

Spoiler for Kaki Kuda:

Gimana? Udah sedikit dapat referensi dari gambar-gambar di atas? Belom? Tenang, ane kasih lagi penjelasannya gan
Kebanyakan kuda hampir selalu tidur sambil berdiri, tetapi pola mereka berbeda-beda. Kenyataannya bukanlah sesuatu yang tidak normal jika kuda berdiri terus-menerus sampai satu bulan atau lebih. Karena kuda itu berat namun memiliki tulang yang relatif rapuh, berbaring dalam posisi lama dapat menyebabkan kejang otot.

Kalo kelamaan tidur begini mereka bisa kejang otot gan


Meskipun orang hanya menebak-nebak mengapa tubuh kuda mengalami evolusi seperti ini, kebanyakan pakar percaya bahwa kuda liar tidur berdiri demi pertahanan diri. Wayne O. Kester, D.V.M., direktur eksekutif American Association of Equine Practicioners, bertutur bahwa dalam kehidupan liar, cara utama kuda dalam melindungi diri adalah lari dengan cepat dari hewan pemangsa mereka. ”Mereka jelas lebih aman sewaktu sedang berdiri, dalam arti mereka lebih mudah kabur ketika mengalami serangan mendadak dibandingkan bila mereka berbaring santai seperti sapi".



Kuda bisa tidur sambil berdiri karena susunan anatominya yang unik di patella (tempurung lutut) mereka gan. Terdapat hook (sangkutan) yang terletak di bagian bawah tulang paha, sementara di kaki paling belakangnya, bagian cekungan dari patella serta ikatan sendi patella bagian tengah mencegah kakinya tertekuk.

(Sorry belepotan nih bahasanya, sumpah susah betul gan nerjemahinnya sumbernya ini gan: http://readbuddy.blogspot.com/, barangkali ada yang bisa nerjemahin dengan lebih bagus, nanti ane taroh di pekiwan)

Quote:
Nih gan kuda-kuda yang ketangkep lagi tidur sambil berdiri

Spoiler for Pic:

Spoiler for Pic:

Spoiler for Pic:

Lah, ini mah lagi nguap
Quote:
Oke, segini dulu gan dari ane. Semoga pengetahuan yang ane sodorkan ini bisa berguna




Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4768523

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review