Selasa, 10 Agustus 2010

Abu Bakar Ba'asyir Ditangkap Polri di Banjar.

Amir Jama'ah Anshorut Tauhid (JAT) Abu Bakar Ba'asyir (ABB) kembali ditangkap Mabes Polri. Ba'asyir ditangkap di Banjar Patroman, Ciamis, Jawa Barat. Belum jelas apa alasan Ba'asyir ditangkap.

Salah seorang sumber detikcom, Senin (9/8/2010), Ba'asyir ditangkap seusai mengisi pengajian. Menurut dia, pengasuh Ponpes Al Mukmin Ngruki itu ditangkap saat dalam perjalanan dari Jawa Barat menuju Jawa Tengah.

"Tiga hari terakhir, ABB berada di Jawa Barat mengisi pengajian di Bandung, Tasikmalaya dan beberapa kota lainnya," kata sumber itu.

Nah, malam tadi ABB mengakhiri pengajian di Tasik Malaya, Jawa Barat dan berencana kembali ke Solo. Dan pada Senin dinihari, ABB ditangkap aparat kepolisian di Banjar Patroman.

Hingga saat ini, belum ada keterangan dari polisi mengenai penangkapan ABB. Namun, kabar penangkapan ABB ini tidak mengejutkan. Karena sebelumnya, disebut-sebut ABB telah diincar polisi karena terkait isu terorisme.

http://www.detiknews..com/read/2010/...njar?991101605

Masih belum jelas alasan penangkapannya menunggu penjelasan resmi pimpinan kepolisian, moga2 situasi bisa tetap kondusif menjelang bulan suchi Ramadhan



UPDATE 10 Agustus 2010
Spoiler for Polisi Tetapkan Ba'asyir Tersangka & Dijerat Pasal Hukuman Mati:


Polisi akhirnya resmi menetapkan Amir Jamaah Anshorut Tauhid (JAT) Abu Bakar Ba'asyir sebagai tersangka. Polisi menjerat Ba'asyir dengan UU Terorisme.

"Terhadap ustadz ditetapkan sebagai tersangka dengan pasal 14 jo pasal 7, 9, 11, dan atau pasal 11 dan atau pasal 15 jo pasal 7,9, 11 dan atau pasal 13 huruf a, huruf b, huruf c UU No 15 tahun 2003 tentang pemberantasan tindak pidana terorisme," kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Edward Aritonang di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta, Selasa (10/8/2010).

Pasal yang dikenakan pada Ba'asyir adalah pasal hukuman mati. Ba'asyir dinilai terlibat mulai dari perencanaan, pelatihan, dan tindakan aksi teror.

"Dan nanti akan bisa kita ikuti dalam persidangan. Bagaimana proses tadi bisa kita ungkapkan bukti-buktinya," imbuh Edward.

http://www.detiknews..com/read/2010/...mati?991102605

Spoiler for Polri Miliki Video Keterlibatan Ba'asyir dengan Jaringan Teroris Aceh:


Polri memiliki bukti kuat soal keterkaitan Abu Bakar Ba'asyir dalam aksi pelatihan militer di Aceh. Salah satunya yakni video rekaman berisi gambar Ba'asyir sedang menerima laporan hasil pelatihan Aceh.

"Beliau (Ba'asyir) mengetahui rangkaian-rangkaian ini disertai laporan-laporan visual yang divideokan. Diperlihatkan dihadapan beliau. Sebagai laporan pertanggungjawaban," kata Kadivhumas Mabes Polri Irjen Edward Aritonang di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jaksel, Selasa (10/8/2010).

Menurut Edward, sebagai Amir (pemimpin) teroris Aceh, Ba'asyir selalu mendapat laporan perkembangan pelatihan baik via komunikasi langsung hingga mendapat rekaman video.

Selain rekaman video, polisi juga menggunakan kesaksian para pelaku teroris
yang telah ditangkap.

"Itu (video) dilakukan di beberapa tempat, itu sudah direkonstruksi," jelas Edward.

Dari keterangan saksi dan pelaku teroris Aceh, Ba'asyir memang memiliki peranan kuat berlangsungnya aksi pelatihan militer Aceh. "Dia secara aktif merencanakan kegiatan teroris termasuk di dalamnya proses pelatihannya.

"Beliau juga secara aktif dalam penggalangan dana terutama memberikan petunjuk dan arahan kepada pimpinan JAT," tegasnya.

Mabes Polri telah resmi menetapkan Ba'asyir sebagai tersangka sejak ditangkap, Senin (9/8). Ba'asyir dijerat pasal 14 jo pasal 7, 9, 11 dan atau pasal 11 dan atau pasal 15 jo pasal 7, 9, 11 dan atau pasal 13 huruf a, huruf b, huruf c UU no 15 tahun 2003 tentang pemberantasan tindak pidana terorisme.

http://www.detiknews..com/read/2010/...aceh?991102605

 

Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4946632

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review