Rabu, 01 September 2010

Lima Tipe Manusia Musuh di Kantor

Quote:
Quote:
Metrotvnews.com: Sandarkan kepala, pejamkan mata, dan biarkan pikiran melayang ke masa awal perjalanan karier Anda. Akhir tahun selalu jadi momen pas untuk mengintrospeksi segala perbuatan selama setahun. Termasuk, siapa sajakah sebenarnya orang-orang yang kerap mempersulit langkah Anda di kantor. Coba deh, beri check list yang mana karakter musuh kantor Anda pada kriteria-kriteria berikut:
Quote:
Switchblade

Here comes the first enemy! Anda mungkin berpikir mereka adalah teman, tapi Anda salah. Di depan Anda, ia bersikap bak teman baik dengan mengajak Anda makan siang sambil mengungkapkan rasa tidak sukanya pada semua orang di kantor, kecuali Anda, sahabatnya. Anda pikir ia berkata jujur, tapi ternyata ia seorang switchblade!

Minggu depannya, ia pergi dengan rekan kerja lain yang ia bicarakan di depan Anda kemarin dan mengungkapkan rasa tidak sukanya pada Anda. Yang ia inginkan adalah memancing Anda untuk menimpali ucapannya, berbuat seolah hanya Anda yang membicarakan kejelekan rekan kerja lainnya, dan secara perlahan menyingkirkan posisi Anda. Jika bertemu tipe ini, cara terbaik adalah menahan diri untuk tidak terpancing segala ucapannya.
 
Quote:
Si muka senyum

Hampir mirip tipe pertama, di depan Anda tipe ini bersikap layaknya malaikat. Dengan senyum selalu tersungging, ia bersikap seolah teman yang siap membantu. Padahal, di belakang Anda ia merencanakan sesuatu yang licik. Semisal, membuat gurauan tentang kesalahan Anda yang tidak sengaja Anda buat dan kebetulan hanya ia yang tahu. Dengan mengungkapkan kesalahan Anda melalui celetukan bernada humor, ia menikam Anda secara tersirat dan membiarkan orang lain memikirkan perkataannya.
Quote:
Minute Man

Jangan pernah menyepelekan si minute man ini. Tipe ketiga ini adalah musuh yang paling andal dalam membuang waktu Anda. Semisal, saat sedang bergegas menuju ruang rapat untuk bertemu klien penting, ia menghentikan langkah Anda dan kerap menanyakan hal-hal tidak penting untuk membuat Anda terlambat ke ruang rapat. Atau mungkin saat sedang asyik lembur, ia menghampiri dan berceloteh tiada henti tentang kehidupan percintaannya.

Ya, sekali lagi, tujuannya untuk menghabiskan waktu Anda. Akibatnya pekerjaan tak kunjung selesai dan energi Anda untuk lembur terbuang percuma. Saat bertemu orang macam ini triknya adalah rendahkan nada bicara dan pasang ekspresi tidak tertarik tiap kali ia menghampiri. Jika ia tak kunjung pergi, katakan, "Waktu Anda hanya tiga menit, karena saya masih banyak pekerjaan."
Quote:
Si sok tahu

Terjebak di situasi di mana salah seorang rekan kerja kerap berbicara, sementara Anda butuh ketenangan? Masalahnya, apa yang dibicarakan orang ini tak sekadar pembicaraan biasa, tapi kerap mengomentari kinerja Anda dengan masukan-masukan yang tidak penting. Semisal, "Ih, pantas saja setiap hari harus lembur. Seharusnya saat bertemu klien kemarin Anda katakan...blablabla."

Menggurui. Itulah kata yang tepat untuk mengungkapkan sinonim musuh satu ini. Seolah tak bisa lepas dari bayangan masa lampau, ia terus membicarakan betapa hebat prestasinya di kantor lama, which is, tidak tahu apakah itu sekadar bualan belaka. Bila ia mulai sok tahu, tanyakan, "Oh ya? Dari mana info itu! "Nah, jika sumbernya dari internet, ajak ia ke depan monitor! Dan minta ia menunjukkan sumber pastinya.
Quote:
Bulldozer

Office bully. Selalu ada di kantor manapun. Berkedok kekuasaan, tipe terakhir ini kerap menindas bawahan dengan berbagai cara. Mulai dari meminta bawahannya membuatkan kopi, menjadikan rekan kerja yang baru masuk sebagai asisten pribadi, hingga mengakui pekerjaan orang lain sebagai hasil kerjanya. Memang ada tipe seperti ini, dan biasanya jika ia baru keluar dari kantor lamanya ia akan melakukan tindakan serupa dan mencari mangsa lagi di kantor baru. It's in their blood, honey.

Susahnya lagi, biasanya orang-orang ini punya kedudukan di atas Anda. Satu-satunya cara adalah mengadukan tindakan mereka kepada pihak yang kedudukannya lebih tinggi lagi atau pada bagian personalia. Tapi, adukan secara halus dan jangan sampai mereka tahu Anda mengadukan mereka tentunya.
Quote:
Watch out!

Tak hanya rekan kerja, hal-hal berikut juga bisa menjadi musuh di kantor:
1. Kerap berteriak dan bernyanyi dengan suara keras.
2. Bicara dengan speaker phone hingga terdengar semua orang di kantor.
3. Bunyi ringtones yang super mengganggu.
4. Bersendawa dan menguap dengan keras.





Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5160418

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review